Artikel, Berita, Foto, dan Video

Thursday, May 19, 2016

Komunitas Angkot Gaul Bogor: Hobi & Kenyamanan Penumpang

Tampilan interior salah satu mobil angkot gaul Kota Bogor.
Buat Anda yang pernah atau sering main ke Kota Bogor dan sekitarnya, terutama dengan angkutan umum alias angkot. Anda pasti pernah menaiki angkot-angkot Kota Bogor yang terkenal sangat banyak nomor trayeknya dan sampai membuat Kota Bogor kini bukan hanya dikenal sebagai kota hujan lagi, melainkan kota sejuta angkot.

Nah, dari semua trayek angkot tersebut beberapa di antaranya angkot yang mendapat sebutan angkot gaul. Angkot gaul di sini, yaitu angkot yang memiliki sebuah fasilitas standar penunjang hiburan penumpang di bagian dalam mobil yaitu seperangkat alat sound system. Sound system ini terpasang di bagian dalam belakang angkot tersambung dengan pemutar musik yang ada di bagian depan dalam angkot dekat kursi supir.

Sang supir pun selain bisa menjalankan tugasnya selain mengantar penumpang ke tempat tujuan juga bisa memilihkan lagu yang cocok layaknya seorang DJ. Ada juga para supir yang menambah hiasan lain seperti minibar dan lain-lain untuk menambah keeleganan angkot.

Selain fasilitas tersebut, ternyata kumpulan angkot tersebut juga membentuk komunitas guna mempererat solidaritas sesama angkot gaul. Beberapa komunitas angkot gaul di Kota Bogor dan sekitarnya yang terkenal di antaranya Monster, Sexy, dan Saga (Salah Gaul).

Ciri khas dari komunitas angkot ini jika terlihat dari luar ialah tampilan eksterior angkot yang mirip dengan mobil pribadi yang dimodifikasi seperti bagian bawah mobil yang diceperin, penggunaan velg ban yang mirip seperti velg mobil balap, dan lampu depan-belakang yang warna warni terlihat jelas jika di malam hari. Selain itu, komunitas angkot gaul ini juga dibentuk karena tumbuh rasa kesamaan dalam hobi memodifikasi angkot.

“Kalo naik angkot yang model begini enak jadinya kita bisa lebih betah di dalem angkot sambal denger musik, jadi gak bete”, ujar Eni siswa SMA yang sering naik angkot gaul.

Hal ini pula yang menjadi salah satu faktor orang-orang di Bogor mau menggunakan angkot dalam perjalanan pergi atau pulang, karena kenyamanan dengan berbagai fasilitas di dalam angkot bisa membuat penumpang sejenak menghilangkan stress saat jalanan macet. Faktor lain adalah penumpang yang naik angkot karena alasan komunitas-komunitas tertentu.

“Sebenarnya kumpulan komunitas angkot yang ada di Bogor ini hanya biar pada saling kenal aja, biar tau sopir dari jurusan mana saja gitu”, ujar salah seorang supir 08 jurusan Citeureup-Pasar Anyar, Irman.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Recent Posts

Unordered List

Pages